Cara Pembesaran Ikan Lele Dumbo

Tuesday, November 22nd, 2016 - Info Lainnya
Tunggu, sedang memuat Cara Pembesaran Ikan Lele Dumbo...

Cara Pembesaran Ikan Lele Dumbo telah diperbaharui pada bulan Desember 2016

Cara Pembesaran Ikan Lele Dumbo – Pada tahap pembesaran ikan lele dumbo ini, pemeliharaan bertujuan untuk mendapatkan ikan lele dumbo ukuran konsumsi, yaitu berkisar antara 6-8 ekor per kg. Sebelumnya kolam pembesaran dipersiapkan terlebih dahulu dengan melakukan pengeringan dan pemupukan seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, sehingga akan tumbuh pakan alami.

A. Pemasukan Benih Ikan Lele Dumbo

  1. Pemasukan benih ikan lele dumbo sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena pada siang harinya kandungan oksigen di dalam air kolam akan naik, sehingga proses penyesuaian lebih lancar agar kematian benih dapat dicegah.
  2. Benih ikan lele dumbo yang ditebarkan di setiap kolam harus seragam, berukuran antara 5-7 cm dan sebelumnya telah dipelihara di kolam pendederan.
  3. Pada penebaran antara 15-50 ekor per m2, tergantung kemampuan membiayai persediaan pakan tambahan yang akan diberikan.
  4. Bila mampu menyediakan pakan yang banyak, maka padat penebarannya boleh tinggi atau sebaliknya bila persediaan pakannya terbatas, maka sebaliknya padat penebarannya rendah.

B. Pengamatan Selama Masa Pemeliharaan

Selama dalam masa pemeliharaan, harus selalu dilakukan pengamatan paling sedikit satu kali sehari. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

  1. Amati ikan lele dumbo yang dipelihara, ikan yang seht aktif berenang mencari makan, baik di dasar maupun di permukaan kolam. Jika terlihat ada ikan lele dumbo yang sakit, segera ditangkap dan diperiksa jenis penyakitnya untuk ditanggulangi.
  2. Mengontrol suhu air kolam, dijaga agar tidak terjadi perubahan suhu secara mendadak.
  3. Melakukan pergantian air secara rutin dengan selalu mengalirkan air secara terus-menerus.
  4. Mengontrol kondisi kolam dan melakukan perbaikan tempat-tempat yang rusak atau bocor, serta membersihkan saluran air.

 

cara-pembesaran-ikan-lele-dumbo

 

C. Pemupukan ulang

Air kolam yang berwarna hijau kecokelatan menandakan produksi pakan alami dalam kolam baik. Jika warna air kolam tidak hijau lagi dan nampak jernih, maka perlu dilakukan pemupukan ulang. Pemupukan ulang sebaiknya menggunakan pupuk organik atau pupk kandang dengan cara sebagai berikut :

  1. Pupuk kandang dicampur air, kemudian ditaburkan merata ke seluruh permukaan air kolam dengan dosis 40 gram per m2.
  2. Pupuk kandang dimasukkan ke dalam kantong plastik yang dilubangi kecil-kecil atau menggunakan karung goni. Kemudian direndam di dalam kolam di dekat saluran pemasukan air.

D. Pemberian Pakan Buatan

Walaupun produksi pakan alami dapat ditingkatkan dengan melakukan pemupukan ulang, tetapi dalam budidaya ikan lele dumbo secara intensif pemberian pakan buatan mutlak diperlukan, sehingga pertumbuhan ikan lele dumbo dapat dipercepat seperti yang diharapkan dan dapat memperpendek masa pemeliharaan. Di samping itu pemberian pakan tambahan ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan padat penebaran. Pakan tambahan berupa pelet yang kandungan proteinnya antara 30-40 persen. Cara memberikannya adalah sebagai berikut :

  1. Pakan diberikan di tempat yang menetap di dalam kolam atau dapat disebarkan merata ke seluruh permukaan kolam.
  2. Pemberian pakan sebaiknya pada pagi hari dan sore hari, tetapi jumlahnya lebih banyak pada sore hari.
  3. Jumlah pakan yang diberikan sebaiknya 3 persen berat total ikan lele dumbo yang dipelihara.
  4. Usahakan jangan sampai terdapat sisa pakan yang tidak dimakan, sebab sisa makanan ini akan mengalami pembusukan yang dapat menurunkan kualitas air kolam.

E. Pemanenan Ikan Lele Dumbo

Setelah ikan lele dumbo dipelihara selama 3-4 bulan di kolam pembesaran atau 4-5 bulan sejak lahir, ikan lele dumbo sudah mencapai ukuran konsumsi yaitu antara 5-8 ekor per kg. Untuk itu siap untuk dipanen dengan cara :

  1. Satu hari sebelum dipanen, ikan lele dumbo tidak perlu diberikan pakan tambahan.
  2. Keringkan kolam perlahan-lahan, saluran pemasukan air ditutup dan saluran pengeluaran dibuka tetapi harus dipasang saringan.
  3. Setelah air kolam tinggal sedikit ( kedalaman 5 cm ), ikan lele dumbo akan berkumpul pada saluran tengah ( kamalir ), untuk selanjutnya dapat ditangkap dengan menggunakan seer.
  4. Hasil tangkapan hendaknya dibiarkan hidup dan ditampung di dalam bak kecil atau wadah yang berisi air. Hal ini ditujukan untuk menghilangkan bau amis atau bau tanah.

Demikianlah untuk informasiĀ Cara Pembesaran Ikan Lele Dumbo yang dapat saya sajikan kepada anda semua dan tunggu informasi terbaru selanjutnya. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada anda semua yang sudah berkunjung ke website saya ini junpancing.com untuk mengetahui informasi Harga Alat Pancing, Cara Membuat Umpan Ikan dan Cara Budidaya Ikan. Semoga artikel yang sudah Om Jun buat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. (Amin)

Kata Kunci Pencarian:

Alat pendeteksi sidat, bandeng bikin lubang, cara sederhana membikin umpan kucur, jual ikan salamander sidoarjo, jual kelabang air, jual lobster hias sidoarjo, tempat penjualan ikan cupang di Kepanjen Malang