Cara Pendederan Ikan Lele Dumbo

Monday, October 17th, 2016 - Info Lainnya
Tunggu, sedang memuat Cara Pendederan Ikan Lele Dumbo...

Cara Pendederan Ikan Lele Dumbo telah diperbaharui pada bulan Desember 2016

Cara Pendederan Ikan Lele Dumbo – Sebelum ikan lele dumbo dibesarkan di kolam pembesaran, terlebih dahulu dipelihara di kolam pendederan. Hal ini dimaksudkan agar benih-benih tersebut dapat menyesuaikan diri terhadap faktor-faktor lingkungan alam pada kolam pembesaran, sehingga benih ikan lele dumbo benar-benar telah siap untuk dibesarkan di dalam kolam pembesaran. Pendederan ini sebaiknya menggunakan kolam pendederan yang dibuat secara khusus, tetapi menggunakan kolam pembesaran dengan syarat airnya tidak penuh, melainkan kedalamnya hanya mencapai 30-40 cm.

A. Pemasukan Benih Ikan Lele Dumbo.

Kolam pendederan dipersiapkan sampai tumbuh pakan alami.

  • Benih ikan lele dumbo yang telah berumur 3-4 minggu, berukuran antara 3-5 cm, ditangkapdari kolam pemeliharaan benih dan ditampung di dalam ember yang telah diisi air yang diambil dari kolam pemeliharaan benih.
  • Masukkan ember yang berisi benih ikan lele tersebut ke dalam kolam masuk sedikit demi sedikit ke dalam ember.
  • Apabila suhu di dalam ember tersebut sudah sama dengan suhu air di dalam kolam pendederan, maka benih ikan lele dumbo dapat dilepaskan semuanya, dengan cara menarik ember tersebut perlahan-lahan dari kolam pendederan.
  • Untuk pendederan ini dapat dilakukan dengan padat penebaran kira-kira 65 ekor per m2.

Pengamatan Benih ikan lele ikan dumbo selama dalam kolam pendederan harus sesering mungkin dilakukan atau paling tidak satu kali sehari, atau dapat dilakukan bersamaan dengan saat pemberian pakan tambahan. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :

Tingkah Laku Benih Ikan Lele Dumbo.

Umumnya benih ikan lele dumbo yang sehat akan selalu aktif berenang dalam mencari mencari makan, baik di dasar maupun di permukaan air. Suatu ketika akan terlihat, terutama pada siang hari adanya beberapa ekor benih yang bergerombol di sudut kolam yang teduh, ini menandakan bahwa terlalu banyak sinar matahari yang menyinari kolam secara langsung. Untuk itu kolam pendederan perlu diberi pelindung dengan menutup permukaan kolam menggunakan papan dan daun-daunan.

Kesuburan Kolam.

Air kolam yang subur dapat merangsang tumbuhnya pakan alami, sehingga dapat menghemat pemberian pakan tambahan. Air kolam yang subur ditandai dengan warna air hijau bening kecokelatan. Air kolam yang berwarna hijau pekat kurang baik untuk pertumbuhan benih ikan lele dumbo, sebab air yang demikian terlalu banyak mengandug plankton nabati ( fitoplankton ) atau juga lumut yang tidak disukai oleh ikan lele dumbo.

Kandungan Oksigen.

Jika kandungan oksigen di dalam air kolam kurang mencukupi atau terlalu banyak kandungan karbon dioksida umumnya benih ikan lele dumbo akan terlihat diam dalam posisi tegak mengambang di bawah permukaan air. Keadaan ini harus segera ditanggulangi dengan menambah air baru yang bersih atau mengganti seluruh air kolam secara perlahan-lahan bertahap sedikit demi sedikit.

Suhu Air.

Benih ikan lele dumbo dapat tumbuh dengan baik pada suhu antaranya 27-29 C. Namun demikian harus dijaga agar tidak terjadi perubahan suhu secara mendadak, sebab perubahan suhu yang demikian dapat mengakibatkan stres yang dapat menimbulkan kematian.

Perawatan Kolam.

Selama pendederan berlangsung kolam harus dipelihara sebaik-baiknya. Bersihkan saringan air bak pada pintu pemasukan maupun pada pintu pengeluaran air. Jika terjadi kerusakan saringan, maka perlu segera diganti. Jika terdapat gulma air yang tumbuh di kolam, harus segera dibuang. Demikian juga perlu selalu dikontrol agar jangan sampai terjadi kebocoran kolam.

cara-pendederan-ikan-lele-dumbo

B. Pemberian Pakan Tambahan.

Pemberian pakan tambahan mutlak harus dilakukan dalam budidaya ikan lele dumbo secara intensif. Pada tahap pendederan, pakan tambahan berbentuk butiran ( remah ), diberikan dua kali sehari pada pagi dan sore hari dengan dosis 5 persen dari berat tubuh ikan lele dumbo yang dipelihara. pakan alami berupa cacing dan cincangan daging bekicot sangat baik untuk pertumbuhan benih ikan lele dumbo.

C. Pemanenan Benih Ikan Lele Daumbo.

Apabila benih ikan lele dumbo sudah mencapai ukuran 5-7 cm, maka sudah siap untuk dibesarkan di kolam pembesaran. Ukuran ini dapat dicapai setelah dipelihara di kolam pendederan selama 3-4 minggu. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hariĀ  menjelang matahari terbit, dengan cara berikut.

  • Air kolam dikurangi secara perlahan-lahan dan di depan pintu pengeluaran air diberi saringan halus agar diberi saringan halus agar benih ikan lele ikan dumbo tidak meloloskan diri.
  • Setelah air tinggal sedikit ( kedalaman 5 cm ) maka benih ikan lele dumbo dapat ditangkap dengan menggunakan seser.
  • Benih ikan lele dumbo yang tertangkap ditampung di dalam ember yang diisi air.
  • Pisahkan benih-benih ikan tersebut berdasarkan ukuran besar atau panjangnya agar seragam.
  • Benih ikan lele dumbo kemudian ditebar di kolam pembesaran.

Itulah informasi Cara Pendederan Ikan Lele Dumbo yang dapat saya sajikan kepada anda semua dan tunggu untuk informasi selanjutnya untuk Tehnik Cara Membudidayakan Ikan. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada anda semua yang masih setia berkunjung pada website junpancing.com untuk mengetahui Harga Alat Pancing dan informasi lainnya. Semoga artikel yang sudah saya buat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Amin

Kata Kunci Pencarian:

vidio mancing di balong, essen buat mancing ikan mas 1 kg kebawah, rumus cara buat jala samber, penjual jaring kudus, kedai menjual pukat ikan, jual bibit louhan semarang, jual anak hiu, cara menjaring ikan nila, cara buat mijahan di sungai, boman ikan buat umpan cacing