Daftar Harga dan Mengenal Ciri-Ciri Ikan Lele Dumbo

Monday, September 5th, 2016 - Info Lainnya
Tunggu, sedang memuat Daftar Harga dan Mengenal Ciri-Ciri Ikan Lele Dumbo...

Daftar Harga dan Mengenal Ciri-Ciri Ikan Lele Dumbo telah diperbaharui pada bulan Desember 2016

Daftar Harga dan Mengenal Ciri-Ciri Ikan Lele Dumbo – Sejalan dengan meningkatnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan manfaat daging ikan sebagai bahan makanan, maka tingkat konsumsi masyarakat terhadap daging tersebut juga akan naik. Sebagai bahan makanan, daging ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang harganya relatif murah dan mudah didapatkan, tetapi mempunyai nilai gizi yang tinggi. Hal yang demikian menyebabkan permintaan daging ikan oleh masyarakat akan selalu bertambah.

Salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ikan konsumsi telah ditempuh beberapa cara, salah satunya adalah pengembangan budidaya secara intensif. Dalam budidaya ikan secara intensif itu ditujukan untuk memanfaatkan lahan yang ada semaksimal mungkin dengan menggunakan teknologi budidaya yang sudah maju, sehingga diharapkan produksi ikan dapat ditingkatkan, yang pada akhirnya dapat menambah pendapatan.

Pada akhir-akhirnya ini budidaya ikan air tawar secara intensif di samping meggunakan ikan lokal jenis unggul yang sudah dikenal mempunyai nilai ekonomis tinggi seperti ikan lele dumbo. Ikan lele dumbo termasuk jenis ikan yang baru dikenal di indonesia, yang aslinya berasal dari benua afrika. Ikan lele dumbo mulai masuk ke indonesia sejak pertengahan tahun 1986 dan sampai sekarang sudah populer di kalangan petani ikan. Ikan lele dumbo dapat hidup, tumbuh dan berkembang di dalam perairan atau kolam yang kotor oleh sampah organik dan airnya terbatas. Pertumbuhannya sangat cepat, bahkan pada umur 4-6 bulan saja sudah dapat mencapai ukuran konsumsi ( 6-8 ekor per kg ). Kemampuan bertelurnya sangat tinggi, dapat berlangsung sepanjang tahun, dengan tingkat fekunditas ( jumlah telur yang matang ) dapat mencapai puluhan ribu.

Daftar Harga Ikan Lele Dumbo

Harga dan Mengenal Ciri-Ciri Ikan Lele Dumbo

 

Daftar Harga Ikan Lele Dumbo Per Kg

Daerah Harga
Jakarta Rp 25.000
Banten Rp 24.000
Jawa barat Rp 22.000
Jawa Tengah Rp 20.000
Jawa timur Rp 24.000
Bali dan Lombok Rp 24.000
NTT dan NTB Rp 27.000
Papua barat Rp 30.000
Maluku Rp 25.000
Lampung Rp 24.000
Sumatera barat Rp 23.000
Sumatera selatan Rp 25.000
Aceh Rp 24.000
Kalimatan barat Rp 24.000
Kalimatan tengah Rp 25.000
Kalimantan Selatan Rp 25.000
Kalimantan timur Rp 26.000

Mengingat adanya beberapa keunggulan pada ikan lele dumbo, maka pembudidayaan ikan ini secara intensif akan mendapatkan beberapa keuntungan antara lain :

  1. Masa pemeliharaannya relatif pendek, sehingga lebih cepat di panen. Dengan demikian akan menghemat biaya perawatan.
  2. Mempunyai daya tahan yang tinggi, sehingga akan memudahkan perawatan.
  3. Dapat dipelihara pada lahan yang sempit dengan padat penebaran yang tinggi.
  4. Dapat hidup pada perairan yang banyak mengandung zat organik, sehingga tidak terlalu tergantung pada ketersediaan air bersih.
  5. Ikan lele dumbo merupakan pemakan segala (omnivore ), sehingga pemilihan pakannya tidak terlalu sulit bahkan dapat diberikan sisa-sisa dapur.

A. Ciri-Ciri Ikan Lele Dumbo

Apabila sudah mengenal dan mengetahui ikan lele lokal ( clarias batracus ), maka untuk mengenal ciri-ciri ikan lele dumbo ( clarias gariepenus ) tidaklah begitu sulit, sebab keduanya mempunyai bentuk luar yang hampir sama. Ciri-ciri keduanya diantara lain :

  1. Kulitnya licin dan tidak bersisik.
  2. Tubuhnya memanjang, kepala gepeng dan dilindungi oleh lempengan tulang kepala ( tengkorak ) yang keras.
  3. Pada sirip dada terdapat jari-jari sirip yang keras yang disebut patil, berfungsi sebagai senjata untuk mempertahankan diri bila ada gangguan dari luar atau dapat juga dipakai untuk merayap di tempat yang tidak berair.
  4. Sirip punggung dan sirip dubur memanjang sampai pada bagian ekor, tetapi tidak bersambung dengan sirip ekor.
  5. Mulut lebar disekitarnya terdapat empat pasang sungut yang dapat digunakan sebagai alat peraba untuk mencari makan.
  6. Mempunyai alat pernapasan tambahan yang dapat digunakan untuk mengambil oksigen dari udara bebas, sehingga memungkinkan ikan ini dapat hidup pada air kotor.
  7. Terdapat gigi halus sehingga dapat mengambil makanan yang ada di dalam kolam.

Walaupun ciri-ciri luarnya hampir sama, tetapi pada lele dumbo terdapat perbedaan yang mencolok, yaitu :

  1. Kecepatan pertumbuhannya lebih cepat, sehinggapada umur yang sama, ukurannya lebih besar dari pada ikan lele lokal.
  2. Ternyata lebih efektif berenang dari pada ikan lele lokal.
  3. Patilnya tidak beracun, jadi tidak berbahaya seperti ikan lele lokal.
  4. Bila terkejut atau dalam keadaan tertekan ( Stres ) warna tubuhnya menjadi loreng (burik ).
  5. Sifat kanibalnya lebih tinggi, sehingga apabila kurang makan akan saling memakan sesamanya.
  6. Tidak suka membuat sarang, sehingga tidak merusak pematang kolam.

B. Tempat Hidup dan Makanan Alami

Di alam aslinya, ikan lele dumbo dapat hidup di perairan tawar yang banyak mengandung jasad renik ( plankton ) seperti sungai, danau, dan rawa dengan ketinggian 0-500 meter di atas permukaan air laut. Dapat hidup pada perairan yang kandungan oksigennya rendah. Namun demikian, ikan lele dumbo akan hidup lebih baik pada perairan yang kandungan oksigennya tidak kurang dari 3 ppm, kandungan oksigennya tidak kurang dari suhu antaranya 20-300 c, pH antara 6,5-8 dan kandungan amoniak tidak lebih dari 0,05 ppm.

Ikan lele dumbo aktip berenang untuk mencari makan pada malam hari. Termasuk golongan pemakan segala ( omnivore ), tetapi lebih cenderung bersifat karnivora, terutama lebih menyukai bahan hewani. Makanannya berupa jasad renik ( zooplankton ), seperti kutu air, cacing rambut, rotifera dan sebagainya. Di samping itu juga senang makanan yang telah membusuk, sehingga dimasukkan ke dalam golongan pemakan bangkai ( skavonger ).

Di dalam mencari makan, ikan lele dumbo tidak mengalami kesulitan, karena mempunyai sungut yang berfungsi sebagai alat peraba yang sangat peka dalam mendeteksi adanya makanan di sekitarnya. Makanan yang melayang-layang di dalam air dan bergerak-gerak akan disambarnya. Apabila jumlah makannya berkurang, maka sifat kanibalnya akan timbul dan menjadi buas, sehingga kadang-kadang akan memakan sesamanya atau bahkan anaknya sendiri.

C. Cara Berkembang Biak

Di alam, ikan lele dumbo mengalami daur untuk berkembang pada awal musim penghujan. Hal ini berkaitan dengan naiknya permukaan air dan adanya hamparan lahan yang tergenang. Biasanya pemijahan terjadi secara massal, dimana beberapa pasang induk ikan lele dumbo yang sudah matang telur berkumpul di dalam suatu areal perairan yang dangkal ( kedalamannya tidak lebih dari 30 cm). Pemijahan berlangsung selama beberapa jam dan secara bertahap. Induk betina akan mengibaskan ekornya yang menyebabkan telur-telur yang telah dibuahi tersebut akan menempel pada rerumputan atau akar-akar tumbuhan yang ada di dalam air.

Telur-telur ini akan menetes 24-36 jam kemudian setelah pembuahan. Setelah benih ikan lele dumbo berumur usia 7-10 hari, sudah aktif berenang untuk mencari makan. Pada saat seperti ini induk ikan lele dumbo mulai meninggalkannya. Itulah informasi Harga dan Mengenal Ciri-Ciri Ikan Lele Dumbo yang dapat Om Jun sajikan kepada anda semua dan tunggu untuk informasi terbaru lainnya di website junpancing.com. Semoga artikel yang sudah Om Jun buat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. ( Amin )

Kata Kunci Pencarian:

cara membuat essen supaya ikan nafsu makan, cara mendafatkan kecoa batu, ciri lele lapar, jam buka ud bandung